Manfaat Air Untuk Tubuh Yang Lebih Sehat

Sekitar 2/3 dari tubuh kita terdiri dari air. Bahkan, pada pria persentase air mencapai 60-65%, pada wanita 50-60%, sedangkan pada anak-anak (5-8 tahun) hingga 70%! Air sangatlah Penting dan Perlu bagi tubuh, itulah sebabnya kita bisa tetap hidup beberapa minggu tanpa makanan, sedangkan hanya beberapa hari tanpa air apa yang terjadi dengan tubuh kita.

Tapi bagaimana air membantu tubuh kita?

Manfaat Air Untuk Tubuh Yang Lebih Sehat

Kebutuhan orang dewasa akan cairan sekitar 2,5 liter -3 hari, yang ditutupi melalui asupan cairan (air, jus buah, minuman, susu, sup), dari manfaat madu dan juga dari makanan yang mengandung air, seperti buah-buahan dan sayuran.

Kehilangan cairan 1-2% dari berat badan kita (yaitu, 650-1,200 gr. Untuk wanita 65 kg) dapat menyebabkan gangguan pada fungsi normal tubuh, yang dinyatakan dengan sakit kepala, merasa kelelahan, lemah, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan lekas marah. Seperti halnya rasa orang yang baru belajar merokok padahal orang yang sudah merokok mereka mencoba mencari cara berhenti merokok yang efektif dan cepat tapi pastinya perlu perjuangan berat. Jika terjadi dehidrasi yang lebih parah, yang mencapai 3-5% dari berat total tubuh kita, akan terjadi masalah yang lebih serius, seperti penglihatan kabur, kesulitan menelan, kejang otot atau bahkan halusinasi.

Setiap hari tubuh kita membuang sekitar 5 gelas air oleh ginjal dalam bentuk urin, 2 cangkir air dengan keringat dan 1 gelas air dengan nafas.


Reproduksi sel
Air memberikan kontribusi signifikan terhadap kehidupan dan reproduksi sel. Ini adalah sarana utama transportasi nutrisi (karbohidrat, asam amino, vitamin, mineral) ke sel dan dari sana ke organ-organ tubuh. Namun, pada saat yang sama, itu adalah sarana untuk menghilangkan zat beracun dan limbah.

Penting untuk darah
Air adalah unsur esensial dari darah, yang membawa oksigen dan nutrisi, sekaligus berkontribusi terhadap pengusiran zat berbahaya dan tidak berguna dari tubuh kita.

Pelumas alami
Air memainkan peran sebagai pelumas alami, sehingga memberikan kontribusi bagi berfungsinya otot dan sendi. Selain itu, memastikan penyerapan getaran, misalnya karena jatuh atau bahkan dari kegiatan sehari-hari yang sederhana (misalnya, berjalan), sekaligus melindungi daerah sensitif seperti otak dan mata.

Fungsi otak yang lebih baik
Bahkan jika dehidrasi sedikit saja, misalnya 2%, meningkatkan perasaan kelelahan dan mempengaruhi mood dan kemampuan kita untuk berkonsentrasi.

Ginjal berfungsi lebih baik
Hal ini penting untuk fungsi ginjal, karena tanpa air ginjal tidak mampu "melakukan pekerjaan mereka", yaitu untuk membantu menghilangkan racun dan zat limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme.

Membantu sistem pencernaan
Air adalah bahan utama cairan pencernaan, sehingga membantu dalam proses pencernaan makanan. Air memfasilitasi perjalanan makanan dari saluran pencernaan dan memberikan kontribusi untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik. Akhirnya, ia membantu ekskresi zat yg tak dicernakan dari usus besar.

Kulit yang sehat
Biasanya, ketika kita mendengar kata-kata air dan hidrasi, hal pertama yang muncul di pikiran adalah kulit yang cerah. Berkat air yang kita minum, kulit kita tetap elastis dan sehat.

Suhu tubuh stabil
Air adalah sarana utama tubuh kita untuk menjaga suhu stabil, terlepas dari lingkungan eksternal. Keringat, yang terutama terdiri dari air dan biasanya kita benci, membantu mengurangi suhu tubuh kita, terutama di hari-hari yang panas atau ketika kita meregangkan tubuh kita saat berolahraga atau bekerja. Oleh karena itu penting dalam kasus tersebut untuk mengisi kehilangan cairan.

Kehamilan dan menyusui
Kebutuhan air selama kehamilan meningkat pesat, terutama karena meningkatnya kehilangan cairan, tetapi juga untuk perubahan dalam komposisi tubuh wanita (misalnya cairan ketuban). Saat periode menyusui, kebutuhan lebih besar lagi, karena kita perlu untuk menutupi hilangnya cairan dari produksi susu.

Metabolisme meningkat
Air sangat penting dalam diet, karena selama makan air meningkatkan perasaan penuh. Selain itu, cakupan kebutuhan kita dalam cairan berkontribusi untuk meningkatkan fungsi metabolisme.

Joseph AR@April2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Air Untuk Tubuh Yang Lebih Sehat"

Poskan Komentar