Tips Menghadapi Stress & Kesulitan Hidup



Sebagai individu, Anda terus-menerus dihadapkan dengan tantangan, kesulitan dan kemunduran sementara. Mereka adalah bagian tak terhindarkan dan tak terelakkan dari manusia. Dengan belajar bagaimana mengelola stres dan menanggapi dengan sikap positif untuk setiap tantangan, Anda akan tumbuh sebagai pribadi yang mulai bergerak maju dalam kehidupan. Bahkan, tanpa suatu kemunduran, Anda tidak bisa belajar apa yang Anda perlu tahu dan mengembangkan kualitas karakter Anda.

Sebagian besar kemampuan Anda untuk sukses berasal dari cara Anda berhubungan dengan kehidupan dan mengelola stres. Salah satu karakteristik laki-laki dan perempuan yang unggul bahwa mereka mengakui  kekecewaan sementara dan kekalahan, dan mereka menerimanya  sebagai bagian normal dan alami kehidupan. Mereka melakukan segala kemungkinan untuk menghindari masalah, tetapi ketika masalah datang, orang-orang yang unggul merespon dengan sikap positif, belajar dari masalahnya, dan terus bergerak maju ke arah impian mereka.

Ada kecenderungan alami kita semua untuk bereaksi secara emosional ketika sesuatu yang kita inginkan dan harapkan gagal terwujud, kita merasakan kekecewaan dan ketidakbahagiaan. Kita bereaksi seolah-olah kita telah kena pukul di ulu hati. Berikut ini melalui indomultimedia mencoba memberikan Tips Menghadapi Stress dan Kesulitan Hidup yang bisa kita ambil pelajaran dan manfaatnya.

Mengelola Stres dengan Sikap Positif

Orang yang optimis, bagaimanapun, tahu bagaimana mengelola stres dalam situasi sulit dan segera bergerak melampaui kekecewaan ini. Dia merespon dengan cepat setiap peristiwa buruk dan menafsirkannya sebagai sesuatu yang sementara saja.Orang optimis merespon dengan sikap positif, tahu bagaimana mengelola stres dan melawan perasaan negatif dengan segera memperbaiki suasana hati sehingga muncul perasaan positif.
Karena pikiran sadar Anda dapat menyimpan hanya satu pikiran pada satu waktu, baik positif atau negatif, jika Anda sengaja memilih pikiran positif, Anda menjaga pikiran Anda optimis dan emosi Anda positif. Karena pikiran dan perasaan Anda menentukan tindakan Anda, Anda akan cenderung menjadi orang yang lebih konstruktif, dan Anda akan mulai bergerak maju dengan lebih cepat menuju tujuan yang telah Anda pilih.

Ini semua bermuara pada cara Anda berbicara pada diri sendiri secara teratur. Untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan, kita harus menanggapi masalah dengan mengubah bahasa kita dari negatif ke positif. Alih-alih menggunakan kata masalah, kita gunakan kata situasi. Ini adalah cara Anda menafsirkan kejadian untuk diri sendiri yang membuatnya terdengar dan terlihat sama sekali berbeda.

 Setiap kali Anda mengalami kesulitan, pilihlah untuk melihatnya sebagai tantangan, dan mulai bergerak maju. Daripada mengatakan, "Saya punya masalah," lebih baik berkata, "Saya memiliki tantangan yang menarik untuk saya hadapi." Itu akan membuat Anda lebih kuat dan lebih baik. Ini adalah situasi yang sama, hanya kata yang Anda gunakan untuk menggambarkan hal itu berbeda.

Berikut adalah empat ide yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mempertahankan sikap positif dalam mengelola stres:

Pertama, meyakinkan terlebih dahulu bahwa apa pun yang terjadi,  tidak akan membuat Anda jatuh. Anda akan merespon dengan sikap konstruktif dan positif. Anda akan mengambil napas dalam-dalam, rileks dan mencari kebaikan apa saja dalam setiap situasi.

Kedua, menetralisir pikiran negatif atau emosi dengan berbicara kepada diri sendiri secara positif sepanjang waktu. Katakanlah hal-hal seperti, "Saya merasa sehat! Saya merasa senang! Saya merasa hebat! "Ketika Anda akan berangkat untuk bekerja, katakan kepada diri sendiri, saya mencintai diri sendiri, dan saya mencintai pekerjaan saya!" Menurut hukum ekspresi, apapun yang diungkapkan atau Anda katakan kepada diri sendiri atau kepada  orang lain, akan terkesan ke dalam pikiran bawah sadar Anda dan kemungkinan akan menjadi bagian permanen dari kepribadian Anda.

Ketiga, ingatlah bahwa tidak mungkin untuk belajar dan tumbuh dan menjadi orang yang sukses tanpa kesulitan dan masalah. Anda harus belajar untuk mengelola stres dan naik di atas kesulitan untuk menjadi orang yang lebih baik. Menyambut setiap kesulitan dengan mengatakan, "Itu bagus!" Dan kemudian melihat ke dalam setiap situasi untuk menemukan hal baik di dalamnya.

Akhirnya, mulai bergerak maju dalam kehidupan dengan menjaga pikiran Anda pada tujuan, impian, dan orang-orang  yang menjadi tujuan mengapa Anda bekerja. Ketika sesuatu yang salah terjadi, responlah dengan berkata kepada diri sendiri, "Saya percaya pada hasil yang sempurna dari setiap situasi dalam hidup saya." Putuskan untuk mempertahankan sikap positif, ceria, dan melawan setiap godaan akan kenegatifan dan kekecewaan. Lihatlah kekecewaan sebagai kesempatan untuk tumbuh lebih kuat, dan lihatlah diri sendiri serta orang lain dengan cara yang lebih positif dan optimis.

Ingatlah friends...selalu ada pelangi di setiap penghujung hujan...:)

Joseph AR@May2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Stress & Kesulitan Hidup"

Poskan Komentar