Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Jatuh Ke Air

Apakah Anda tidak sengaja menjatuhkan ponsel Anda kedalam air? Atau mungkin Anda ingin tahu apa yang harus dilakukan jika itu terjadi! Indomultimedia akan menunjukkan teknik pertolongan pertama untuk menyelamatkan ponsel yang terendam air. Padahal sebenarnya air itu punya banyak manfaat yang salah satunya manfaat air bagi tubuh tentunya untuk kelangsungan hidup dan masih banyak lagi. Namun bila ponsel yang terendam air ini menjadi hal yang berbeda tentunya, dengan kata lain ponsel bisa menjadi rusak tetapi ada cara agar bisa menyelamatkan ponsel agar terhindar dari kerusakan.

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Jatuh Ke Air

Ikuti Langkah-Langkah Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Jatuh Ke Air :

Langkah 1: Jangan menghidupkan ponsel
Apapun handphone ataupun ponsel yang anda miliki baik yang jadul ataupun smartphone android apalagi yang teranyar ponsel dengan Windows 8 tetap jangan dihidupkan bila sudah terendam air. Pada saat ponsel terendam air, air akan mengenai sirkuit listrik ponsel. Jadi apa pun yang Anda lakukan, jangan hidupkan untuk memeriksa atau melihat apakah ponsel masih bekerja.

Langkah 2: Tarik keluar baterai dan kartu SIM
Lepaskan apa yang bisa Anda lepas dari ponsel : Tarik keluar baterai, kartu SIM dan kartu memori. Selama masih ada baterai yang terpasang di sana, berarti masih ada power atau arus listrik di ponsel Anda, dan itulah mengapa Anda butuh untuk segera melepaskannya.
Beberapa telepon, seperti iPhone, tidak memiliki baterai yang dapat dilepas. Sayangnya, Anda terpaksa harus melewatkan langkah ini dan berharap untuk yang terbaik jika Anda menjatuhkan iPhone Anda ke dalam air.

Langkah 3: Bilas dengan air bersih
Apakah Anda menjatuhkan ponsel Anda dalam air garam? Garam dapat menimbulkan korosi perangkat Anda. Jadi setelah Anda mengeluarkan baterai dan kartu SIM, celupkan telepon Anda dalam air bersih untuk melunturkan garam.

Langkah 4: Keringkan ponsel menggunakan udara terkompresi
Jika Anda memiliki kompresi udara portable - jenis yang digunakan untuk membersihkan komputer atau keyboard – jalankan dengan tenaga penuh ke seluruh telepon Anda, dengan penutup belakang dilepas jika bisa. Sebuah vacuum cleaner juga bekerja, meskipun itu menarik udara ke arah lain. Selama itu meniup udara dingin di atas sirkuit untuk mengeringkannya, itu semua baik dilakukan.

Jangan mengeringkan ponsel Anda dalam oven, bahkan dengan suhu rendah sekalipun. Panas dapat menghanguskan sirkuit ponsel Anda, dan mencairkan komponen internal. Anda tidak boleh menggunakan hair dryer, kecuali memiliki pengaturan heatless (tanpa panas). Kipas mungkin bisa membantu.

Langkah 5: Tutup telepon dengan beras
Ide di balik beras adalah bahwa butir kering akan menyerap kelembaban. Jadi ambil wadah plastik sealable (bisa di tutup/ziplock), dan mengisinya dengan beras sampai cukup untuk menutupi ponsel Anda. Kemudian masukkan telepon Anda dalam beras, bersama dengan baterai dan bagian lainnya. Anda harus menunggu setidaknya 24 jam supaya beras dapat melakukan tugasnya.

Apa yang akan bekerja lebih baik dibandingkan beras? Silica gel, yang dipakai untuk menjaga pakaian atau sepatu baru untuk tetap kering. Tapi kebanyakan dari kita tidak memiliki kotak sepatu yang berisi silika gel, maka beras menjadi pilihan yang baik.

Langkah 6: Hidupkan telepon Anda kembali
Setelah Anda menunggu setidaknya 24 jam, saatnya untuk melihat hasil usaha Anda. Pasang kembali ponsel Anda, charge baterainya dan coba untuk menghidupkannya.

Mudah-mudahan bermanfaat, tapi yang paling penting....JANGAN jatuhkan handphone unik maupun smartphone yang Anda miliki ke Air !!!! :p

Joseph AR@May2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Jatuh Ke Air"

Posting Komentar