Pengertian Lailatul Qadr - Malam Lailatul Qodar Penuh Kekuatan



Qadr berarti kehormatan dan martabat. Pengertian Lailatul Qadr berarti malam kehormatan dan martabat. Ini adalah malam di mana Wahyu Ilahi pertama kali datang kepada Nabi Sallalahu Alayhi Wasallam, ketika ia sedang dalam doa di gua Hira. Karena itu malam ini mendapat kehormatan memiliki wahyu pertama dibawa ke Nabi Sallalahu Alayhi Wasallam, dan bernama Lailatul Qadar.

Ini adalah salah satu malam paling suci dan paling diberkati, yang kemungkinan akan terjadi pada salah satu malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan paling mungkin 27. Pahala ibadah pada malam ini lebih baik dari penyembahan seribu bulan ibadah, setara dengan seumur hidup seseorang. Jadi, pada malam ini kita harus berdoa Nafil shalat, membaca Al-Quran, Tasbih, Zikir, berdoa, dll sebanyak mungkin.

MalamLailatul Qodar sudah membuka gerbangnya harta ketika malaikat untuk pertama kalinya datang dengan pesan Ilahi di gua Hira, dan keberuntungan yang terus menyertai kita secara permanen. Setiap tahun di bulan Ramadhan, malam ini diberikan kepada umat. Muslim terlibat dalam doa, pembacaan Al-Qur'an dan berdoa kepada Allah, sebagaimana Nabi sallalahu alayhi wasallam bersabda: "Orang yang memanjatkan doa kepada Allah pada malam Martabat dengan iman dan dengan harapan pahala dari Allah, segala dosa masa lalunya telah diampuni. " (Bukhari)

Saat musim hujan sangat cocok untuk pertanian, juga untuk pencapaian kedekatan kepada Allah, memiliki waktu tertentu, hari tertentu dan malam tertentu yang paling cocok, misalnya waktu sholat tahajjud, shalat Jum'at, bulan Ramadhan, Hari Arafah, dll. Begitu juga Malam Kekuatan adalah malam yang paling cocok untuk mencapai kedekatan kepada Allah.

Dalam hadits tersebut, kita diminta untuk mencarinya di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. Hazrat Aisyah radhiyallahu anhaa meriwayatkan bahwa Rasulullah sallalahu alayhi wasallam mengatakan, 'Carilah malam Martabat di malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadhan'. (Bukhori). Mencari Malam Lailatul Qodar tentunya dalam menjalankan puasa ramadhan dengan baik seperti niat puasa ramadhan harus benar dan menjalankan serta mengisi waktu selama puasa dengan ibadah dan amalan terbaik dan malamnya diisi juga dengan berbagai amalan dan ibadah lainnya baik wajib maupun yang sunah.

Pada sepuluh hari terakhir itu sesuai jadwal puasa ramadhan disetiap tahunnya, referensi dibuat untuk tanggal 21, 23, 25, 27, malam 29 dari bulan Ramadhan. Tidak ada satu malampun yang dapat kita tinggalkan atau menebak-nebak kapan akan menerima malam penuh kekuatan ini,  sehingga kerinduan untuk menemukannya lah yang dapat meningkatkan ibadah dan orang-orang  menghabiskan lebih banyak malam dalam menyembah Allah. Dari aspek ini, pentingnya `itikaaf (pengasingan) selama sepuluh hari terakhir Ramadhan menjadi jelas.

Hal – hal yang baik dilakukan selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadan :

1. Mencari Pengampunan. Hazrat Aisyah radhiyallahu anhaa bertanya kepada Nabi sallalahu alayhi wasallam bahwa jika ia diberikan karunia untuk mendapatkan malam luhur apa doa yang harus dikatakan. Nabi sallalahu alayhi wasallam menjawab bahwa dia harus mengatakan doa berikut:

"Allahumma innaka afuwwun kareemun tuhib-bul af-wa fa-afo anni" (Ya Allah, Engkau adalah Dia yang memberikan pengampunan dosa, mencintai pemaaf, jadi maafkan saya.)

2. Membaca Istighfar. Berikut ini harus dibaca sebanyak mungkin: "Astaghfirullah hallazi la-ila-ha illa huwal Hayyul Qayyumo wa atu-bu ilaihe" (saya mencari pengampunan dari Allah SWT, tidak ada Tuhan selain Dia, Dia diri yang Ada , Abadi dan saya kembali kepada-Nya

3. Membaca Surah `Inna anzalnahu ...  "Inna anzalnahu fee lailatul Qadr, Wa maa adraka maa lailatul Qadr. Lailatul Qadri khairum min alfi shahr. Tanazzalul malai-katu var-roohu fee ha bi izni Rabbihim min kulle amr. Salaamun heya hatta matla-il fajr."  

4. Melakukan Shalat Tasbih.

5. Melakukan Afzul  Zikir yaitu La ilaha illallah.

Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang-orang yang mendapat anugerah berkah Lailatul Q'adr...Aminn Ya Rabbal Allaminn....

Joseph AR@Juli2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Lailatul Qadr - Malam Lailatul Qodar Penuh Kekuatan"

Posting Komentar