Tips Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok selalu menjadi momok bagi siapa saja, terutama bagi kaum hawa. Banyak cara untuk mengatasi rambut rontok dan mungkin banyak yang sudah hafal diluar kepala, namun sangat sulit untuk menerapkannya dan akhirnya menyerahkan ke salon-salon ternama dan mengeluarkan biaya yang banyak. Rambut kita adalah milik kita, jadi kita sendirilah yang paling mengenali, jadi perawatan yang terbaik adalah dari sang pemilik rambut sendiri dan yang dibutuhkan hanyalah kesabaran. Berikut ini adalah 10 tips dan cara yang mungkin dapat membantu mengatasi rambut yang rontok.




1. Bersabar

Bersabarlah dengan kondisi rambut yang rontok. Perlu kesabaran, ketelatenan dan kontiunitas dalam merawat rambut rontok. Jangan mengharap hasil yang cepat dengan menggunakan rangkaian produk yang mahal dan berlebihan. Selain mengeluarkan uang yang tidak sedikit belum tentu dapat mencegah rambut yang rontok dan tidak menjamin rambut anda tidak rontok. Karena rambut adalah bagian tubuh yang sensitif, sehingga diperlukan kesabaran dan yang pasti memakan waktu yang tidak sebentar, karena itu kesabaran adalah kunci segalanya.


2. Hindari bahan-bahan kimia

Hindari kontaminasi bahan-bahan kimia seperti mewarnai rambut, meluruskan rambut, mengeriting rambut, hair extension dll. Yang namanya bahan kimia pasti akan membawa dampak negatif bagi tubuh dikemudian hari, khususnya rambut. Jangan tergoda dengan model dan gaya rambut terbaru. Biarkan apa adanya dahulu keadaan rambut anda, yang penting rambut anda sehat dan kembali normal serta tidak rontok. Kesehatan rambut adalah hal yang terpenting dari sekedar gaya rambut yang tidak cocok dengan rambut anda atau malah dapat menyiksa rambut anda.


3. Cukup istirahat

Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu mengurangi rambut rontok. Lepaskan semua aksesoris rambut seperti ikat rambut, jepit pada saat tidur. Memiliki gangguan tidur atau sulit tidur akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Tidur yang teratur memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan memperkuat sistem imun termasuk untuk rambut.


4. Gunakan conditioner dan tonik

Jika anda menggunakan shampo herbal khusus untuk rambut rontok, ada baiknya gunakan kondisioner, agar rambut tidak kusut dan mudah untuk disisir. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan kondisioner dan jangan terkena kulit kepala. Untuk memberi vitamin untuk kulit kepala gunakan tonik setelah mencuci rambut dan biarkan kering dengan sendirinya. Hindari dahulu mengeringakan rambut dengan hair dryer.


5. Lakukan dengan benar

Sebelum mencuci rambut, ada baiknya sisir dengan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan. Gunakan air dingin jangan terlalu sering menggunakan air panas, karena air panas (hangat) kurang dapat menjaga kelembaban. Jangan garuk kulit kepala dengan kuku, gunakan ujung-ujung jari dan pijat dengan lembut. Tidak perlu mengulang-ulang mengunakan shampo, maksimal 2 kali mengulang keramas. Bilas hingga bersih, sehingga tidak meninggalkan residu yang akan memicu terjadinya ketombe. Jangan juga terlau sering mengikat rambut, lepaskan ikat rambut untuk memberikan kesempatan bagi rambut untuk bernafas.


6. Cuci rambut dengan teratur
Cucilah rambut dengan teratur paling tidak 2 kali seminggu. Jangan menunggu sampai rambut menjadi sangat kotor sehingga memicu timbulnya ketombe. Hindari pula mencuci rambut yang terlalu sering bahkan setiap hari atau setiap kali mandi. Mencuci rambut setiap hari akan membuat semakin banyak rambut yang lepas dari kulit kepala.


7. Pilih shampo yang tepat

Pilihlah shampo yang tepat untuk kondisi rambut kita yang mengalami kerontokan. Jangan terlalu termakan iklan dengan shampo-shampo yang mahal. Kulit kepala dan rambut tidak mengenali merk shampo yang mahal. Shampo yang mahal dengan merk terkenal belum cocok dengan rambut anda. Dan yang paling penting jangan bergonta-ganti shampo. Pilihlah shampo yang sedikit kandungan bahan kimia, anda dapat memilih shampo yang mengandung ramuan alami atau herbal, seperti gingseng, kemiri, seledri dll.


8. Kenali penyebabnya
Kenali penyebab mengapa terjadi kerontokan rambut, misalnya karena stress, asupan makanan, pola hidup tidak sehat (merokok, minum alkohol), terlalu sering terkena bahan kimia (pelurusan rambut, mewarnai rambut dll), karena keturunan, karena ketombe atau pengaruh hormon kehamilan. Jika sudah diketahui apa penyebabnya, akan lebih mudah untuk mencegahnya dengan langkah yang tepat. Misalnya karena merokok, hentikan dahulu kebiasaan rokok anda baru setelah itu lakukan langkah-langkah yang lainnya.


9. Jangan terlalu panjang

Jangan memaksakan dengan rambut yang terlalu panjang. Potong ujung rambut secara berkala untuk memberi kesempatan rambut untuk memberikan sinyal kepada kulit kepala untuk memberi nutrisi kepada setiap helai rambut, jika terlalu panjang kulit kepala tidak kuat menahan berat beban setiap helaian rambut dan akibatnya terjadi kerontokan.


10. Perhatikan asupan makan

Diet yang seimbang dengan memperhatikan asupan gizi adalah salah satu cara untuk mengatasi kerontokan rambut. Perbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan asam lemak omega 3 untuk memperkuat akar rambut. Perbanyak buah-buahan, sayur-sayuran, kurangi makanan yang terlalu pedas dan berminyak.


Mudah2an bermanfaat...

Joseph AR@August 2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Rambut Rontok"

Poskan Komentar