Fungsi dan Definisi Keluarga - Peran keluarga

Peran keluarga sangatlah penting bagi kita umat manusia. Tapi apa itu keluarga? Definisi Keluarga adalah dua atau lebih individu yang bergabung karena hubungan darah, perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam suatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain, dan di dalam peranannya masing-masing menciptakan serta mempertahankan kebudayaan.

Fungsi dan Definisi Keluarga - Peran keluarga

Lalu apa fungsi dari keluarga? Fungsi keluarga didefinisikan sebagai hasil atau konsekwensi dari struktur keluarga. Dan fungsi tersebut antara lain adalah :

1. Fungsi Afektif (Fungsi pemeliharaan kepribadian). Fungsi ini merupakan alat untuk ke-stabilan kepribadian kaum dewasa, dan serta memenuhi kebutuhan – kebutuhan para anggota keluarga.

2. Sosialisai dan Fungsi penempatan sosial. Fungsi ini merupakan alat untuk sosialisasi primer anak – anak yang bertujuan untuk membuat mereka menjadi anggota masyarakat yang produktif, dan juga sebagai penganugrahan status anggota keluarga.

3. Fungsi Reproduksi. Fungsi ini merupakan media untuk menjaga kelangsungan keturunan/generasi dan menambah sumber daya manusia, serta untuk kelangsungan hidup masyarakat.

4. Fungsi Ekonomis. Fungsi ini merupakan alat untuk mengadakan sumber – sumber hasil ekonomi yang memadai dan mengalokasikan sumber – sumber ekonomi tersebut secara efektif dan efisien.

5. Fungsi Perawat Kesehatan. Fungsi ini merupakan alat untuk menggunakan kebutuhan-kebutuhan manusia fisik – pangan, sandang, papan dan perawatan kesehatan dengan efektif dan efisien.

Dengan tahunya kita konsep dan fungsi keluarga, hal ini dapat menjelaskan peran keluarga sangatlah penting bagi kita umat manusia untuk menjalani kelangsungan hidup secara lebih berguna dan bijaksana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi dan Definisi Keluarga - Peran keluarga"

Posting Komentar