Yang Membatalkan Puasa Ramadhan Dalam Islam

Rukun Islam yang ke 4 adalah Puasa Ramadhan selama sebulan penuh, maka dari itu sebagai seorang yang beragama islam bila ingin diakui keislamannya harus menjalankan rukun islam dengan benar dan bersungguh-sungguh. Puasa di bulan suci Ramadhan adalah kewajiban untuk semua yang beragama islam, karena pentingnya puasa maka akan diberikan hal-hal yang membatalkan puasa Ramadhan.

Yang Membatalkan Puasa

Dalam melaksanakan puasa Ramadhan tentunya syarat utamanya adalah dalam keadaan bersih dalam hal ini tidak dalam kondisi haid dan nifas untuk perempuan barulah diawali dengan niat puasa Ramadhan dengan hati yang ikhlas dan mencari Ridho Allah.

Pada saat waktu fajar sesuai jadwal imsak maka ini peringatan untuk siap-siap agar berhenti untuk makan dan minum walupun sebenarnya masih diperbolehkan, dan barulah saat azan Subuh berkumandang maka Puasa dijalankan sampai Azan Magrib sebagai tanda buka puasa dengan menyegerakan berbuka.

Saat menjalankan ibadah Puasa sesuai jadwal puasa Ramadhan maka ada hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan yang harus dihindari agar puasanya tetap sah. Berikut ini indomultimedia akan berikan beberapa pantangan yang harus dijalani saat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

  1. Makan dan Minum dengan sengaja
  2. Hubungan badan (Jima' / bersetubuh)
  3. Haid (datang bulan bagi perempuan)
  4. Nifas (keluar darah dari rahim disebabkan melahirkan dan setelah melahirkan)
  5. Murtad (keluar agama Islam - Kafir) 
  6. Gila
  7. Muntah dengan sengaja
  8. Mengeluarkan air mani dengan sengaja
  9. Memasukkan suatu benda dengan sengaja kedalam lubang pada anggota tubuh

Hal-hal yang membatalkan puasa akan berlaku bila memenuhi syaratnya, yaitu :
  1. Berilmu (mengetahui berbagai syarat dan yang membatalkan puasa)
  2. Tidak lupa (keadaan sadar)
  3. Keinginan sendiri bukan paksaan

Maka setelah mengetahui ilmu mengenai perkara yang membatalkan puasa maka bila tidak dijalankan berbagai penyebab pembatal puasa bisa mengakibatkan puasanya batal bagi yang mengetahuinya seperti yang dijelaskan diatas.

Referensi : http://www.belajarislam.web.id/2014/07/hal-hal-yang-membatalkan-puasa-ramadhan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Membatalkan Puasa Ramadhan Dalam Islam"

Poskan Komentar