Tips Mengebor Kayu Agar Hasilnya Sempurna

Lengkapi perkakas di rumah Anda dengan produk dari MatahariMall.com

MatahariMall

Banyak sekali kebutuhan perkakas yang harus Anda miliki di rumah. Jika perkakas Anda lengkap, Anda jadi tidak perlu kerepotan meminjam perkakas saat membutuhkannya. Sejumlah perkakas berat seperti obeng, tang, kunci inggris, atau bor biasanya akan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki atau membuat sesuatu.
Tidak semua orang bisa menggunakan bor dengan baik. Apalagi jika bahan yang dibor adalah kayu. Melubangi tembok dengan bor jauh lebih mudah daripada melubangi kayu. Namun bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Sedikit keterampilan dan pemahaman akan membuat Anda lebih mahir mengebor kayu.
Membuat Tanda pada Kayu yang Akan Dilubangi
Menandai atau membuat titik pada kayu yang akan dilubangi memang sangat penting. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus saat melubangi kayu. Anda dapat menggunakan spidol atau pulpen untuk membuat tanda titik yang tegas pada permukaan kayu.
Gunakan Mata Bor Khusus untuk Kayu
Pada umumnya kayu memiliki tekstur yang rapuh sehingga mudah hancur saat dibor. Untuk mencegah hal ini, Anda patut menggunakan mata bor khusus untuk kayu. Sedangkan beberapa jenis kayu yang kuat seperti kayu jati masih bisa dibor dengan menggunakan mata bor untuk besi. Mata bor khusus untuk kayu memiliki bagian untuk menampung serbuk kayu. Sehingga serbuk kayu tidak jatuh ke lubang yang sedang Anda buat.
Kecepatan Putaran Bor Akan Mempengaruhi Lubang yang Dihasilkan
Kecepatan putaran bor harus diatur dengan seksama, tergantung dari jenis lubang yang ingin Anda buat. Untuk lubang yang kecil dan dalam, kecepatan bor yang berkisar di angka 2.500 hingga 4.000 RPM (rotasi per menit) masih memungkinkan. Sedangkan untuk membuat lubang yang besar, rotasi mata bor cukup dijaga pada angka 1.000 RPM.
Kecepatan mata bor ini harus diatur dengan cermat supaya tidak menyebabkan mata bor mudah patah.
Bila Anda belum memiliki perkakas bor beserta aneka jenis mata bornya, Anda dapat mengakses MatahariMall.com untuk mendapatkannya. Produk bor unggulan yang kuat dan berkualitas akan memudahkan Anda saat akan melubangi sesuatu, termasuk untuk melubangi kayu. Sebelum membeli bor di MatahariMall, siapkan juga daftar belanjaan untuk mencatat kebutuhan rumah tangga Anda yang lain.
Serunya berbelanja di MatahariMall membuat Anda semakin hemat dari hari ke hari.

Tinggalkan komentar