Untungnya Memanfaatkan Layanan Conversion Rate Optimization

Conversion rate optimization (CRO) merupakan sebuah mekanisme yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung aktif sebuah website. Pengunjung aktif yang dimaksud di sini adalah pengunjung yang memiliki relasi yang sangat erat dengan konten website milik kita, seperti intensitas interaksi dengan website, maupun pengunjung yang mengonsumsi produk yang kita tawarkan karena mengetahuinya dari website. Dengan proses optimasi ini maka tujuan bisnis yang tertuang dalam website kita dapat terpenuhi. Karena pada dasarnya, beberapa website merupakan bentuk ekstrak dari tujuan bisnis sebuah perusahaan.
Conversion Rate Optimization
CRO ini sendiri merupakan gabungan dari tiga bidang keilmuan, yaitu persuasi pemasaran, metode ilmiah dan desain yang berpengalaman. Dengan menggabungkan ketiga bidang tersebut maka kita mampu mengakuisisi pelanggan potensial untuk website maupun produk kita sebanyak mungkin. Patut kita garis bawahi jika proses CRO ini bukan mengakuisisi sebanyak mungkin pelanggan, karena itu sifatnya tidak efektif dan efisien, tetapi CRO mempunyai tujuan mengakuisisi pelanggan yang memiliki karekteristik yang cocok dengan produk perusahaan sehingga kemungkinan probabilitas konsumsinya akan lebih besar. Untuk penentuannya sendiri, didasarkan pada penilaian-penilaian ilmiah kebiasaan seorang pengunjung website. Dari kebiasaan-kebiasaan inilah maupun latar belakang pengunjung inilah maka kita dapat menentukan strategi untuk mengonversi pengunjung website potensial menjadi pengunjung aktif.
Dari pengertian di atas, maka tips-tips untuk melakukan conversion rate optimization diantaranya adalah dengan memfokuskan fungsionalitas website kita “hanya” pada pengunjung potensial. Maksud dari “hanya” di atas pun sebenarnya adalah melalui analisis-analisis tertentu. Dengan kata lain tidak sembarangan mengabaikan pengunjung yang sama sekali tidak terkait. Selain itu, kita juga perlu untuk meningkatkan performansi dari website yang kita buat, baik dari segi fitur, efektivitas, user interface maupun desain-desain lainnya.
Menghadapi ketatnya persaingan bisnis yang ada, membuat setiap orang yang memiliki usaha dan bisnis harus lebih memutar otak agar usaha dan bisnis yang mereka jalankan bisa lebih berkembang dan tetap eksis di tengah arus persaingan yang semakit deras. Salah stau cara yang bisa ditempuh adalah dengan memanfaatkan pelayanan yang ditawarkan oleh advertising agency. Salah satu advertising agency yang populer dan terpercaya di Indonesia adalah INBOUNDID. Ada banyak layanan yang ditawarkan disini, yang semua ditujukan untuk membuat usaha anda menjadi lebih bisa berkembang. Sebut saja seperti search marketing, content marketing, dan conversion rate optimization. Masing-masing layanan memiliki keunggulan yang bermanfaat dan akan memudahkan dalam memajukan setiap usaha dan bisnis.
Salah satunya yang menarik disini adalah layanan conversion rate optimization. Sebagian besar orang mungkin masih banyak yang belum familiar dengan istilah ini, atau yang sering disingkat menjadi CRO. Salah satu cara menjalankan digital marketing adalah dengan memasarkan produk melalui website ataupun situs online lainnya. Namun, tidak semua pengunjung yang datang ke website ataupun situs online tersebut berminat untuk menjadi pelanggan dan membeli produk yang ditawarkan oleh website atau situs tersebut. Tidak sedikit yang hanya sekedar melihat-lihat, dan kemudian pergi. Dari kasus inilah kemudian CRO bekerja untuk menjalankan fungsinya. Strategi yang disusun sedemikian rupa melalui pelayanan CRO akan membuat pengunjung yang datang ke website tidak hanya sekedar melihat-lihat, namun sampai tertarik untuk membeli dan bahkan menjadi follower atau pelanggan dari usaha tersebut.
Dengan demikian, anda sudah bisa mengetahui bahwa conversion rate optimization ini akan memberikan keuntungan pada perusahaan berupa penambahan jaringan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan hasil produk usaha kepada konsumen, sehingga akan berimbas pada peningkatan keuntungan yang akan diperoleh oleh usaha anda. Namun sebelumnya, anda juga harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa poin sebelum anda memanfaatkan layanan CRO ini, misalnya mulai dari tujuan awal anda apakah anda ingin menambah pelanggan, atau menambah keuntungan, atau juga hanya sekedar ingin memperbanyak follower di website anda.

Tinggalkan komentar