Sudah Ideal Kah Berat Janin dalam Kandungan Anda?

Dalam masa kehamilan, perut ibu semakin hari tentu akan semakin membesar. Hal ini terjadinya tumbuh kembang pada janin dalam kandungan. Lalu apakah berat janin dalam kandungan Anda sudah ideal sesuai dengan usia janin? Mari kita cari tahu. Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa panjang dan juga berat janin satu dan yang lainnya mungkin akan berbeda. Sebab tingkat tumbuh kembang masing-masing bayi bisa berbeda sebab banyak factor, yakni mulai dari asupan makanan sampai dengan kesehatan ibunya sendiri. Oleh sebab itu, jangan terlalu khawatir dulu apabila scan USG Anda menunjukkan jika bayi Anda kecil ataupun lebih besar. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter maupun bidan untuk memahami hal tersebut.

2 minggu pertama setelah pembuahan, Anda mungkin belum merasakan banyak perubahan yang berarti. Hal ini disebabkan karena tubuh janin masih belum terbentuk sama sekali hingga di minggu ke 5 setelah pembuahan. Pada masa ini pun, calon bayi Anda masih berbentuk embrio seukuran biji wijen yang berbobot sekitar 0,00364 gram. Kemudian pada sekitar minggu ke 7 hingga k3 8, idealnya berat janin di usia ini sekitar 1 gram dengan panjang tubuh sekitar 1,6 centimeter. Di minggu ke 10, kepala bayi akan menjadi lebih bulat dan jari menjadi lebih sempurna.

Janin dalam Kandungan

Janin akan menjadi tampak lebih nyata memasuki trimester kedua,. Di minggu ke-13, janin dalam kandungan mulai mengeluarkan urin ke kantung amnion untuk membuat cairan ketuban. Saat ini panjang bayi sekitar 7,4 cm dengan berat 23 gram. Di minggu ke-20, mungkin Anda bisa merasakan gerakan bayi serta alat reproduksi terbentuk. Berat sekitar 300 gram dengan panjang sekitar 16,4 cm dengan. Di minggu ke-26 serta minggu ke-27 ukuran panjang janin sekitar 36,6 cm dengan berat yang mencapai 875 gram.

Pada minggu ke-29 dan minggu ke-30, perkiraan panjangnya adalah 39,9 cm dan beratnya 1,3 kilo gram. Pada minggu ke-40 atau minggu ke-42, janin dalam bentuk sempurna dan tentu dalam berbagai ukuran, janin siap untuk dilahirkan. Beratnya berkisar antara 3,4 kilo gram hingga 3,6 kilo gram. Sedangkan panjangnya berkisar antara 51,2 cm - 51,7 cm.

Bayi di usia 1 – 6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI eksklusif. Selepas 6 bulan boleh diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Untuk menu MPASI pertama bayi dapat Anda konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Ideal Kah Berat Janin dalam Kandungan Anda? "

Posting Komentar