Food Combining selama Puasa

Ada penjelasan yang pernah saya baca bahwa puasa di dalam Islam adalah proses DETOXIFIKASI, pembersihan organ2 tubuh. Di dalam Al-Quran sudah disebutkan bahwa berpuasa dengan niat puasa memiliki fungsi “pembersihan”, baik dalam arti fisik dan mental. Dari segi mental, tentu saja kita sudah sangat memahaminya.
Nah, dari segi fisik inilah yang belum banyak diketahui orang.


Puasa adalah proses mengistirahatkan kerja organ-organ tubuh kita, sehingga tubuh kita bisa membersihkan diri dari sel-sel yang sudah aus, usang dan rusak. Kerusakan tersebut terjadi akibat ketidakpahaman dan ketidakpedulian kita terhadap zat-zat apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Ibaratnya mesin mobil, yang diperlukan adalah bensin premium, tapi yang kita masukkan adalah solar. Tentu saja seluruh proses bekerjanya mesin akan terganggu.


Begitu pula dengan tubuh kita. Seperti dijelaskan sejak kita masih SD, yang diperlukan tubuh adalah Karbohidrat, Protein, Vitamin, dan Mineral, tapi yang kita konsumsi adalah berbagai bahan kimia yang ternyata berbahaya bagi tubuh, seperti MSG (vetsin: royco, masako, sasa, miwon dkk.), bahan-bahan pengawet makanan dan minuman, softdrinks. Racun dan sampah yang menumpuk karena gaya hidup masyarakat kota modern inilah yang menyebabkan banyak orang yang masih muda sudah mengalami penyakit yang mestinya diderita oleh orang yang sudah tua, misalnya jantung, diabetes, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, dan bahkan kanker.


Dengan berpuasa cara FC, tubuh kita akan mulai membuang racun-racun tersebut secara perlahan. Apabila puasa diljalankan dengan benar, pada hari ke 7 – 10, pembersihan sudah sampai pada sel-sel di tulang yang paling dalam. Sehingga, seperti disiratkan dalam kata”Idul Firti”, pada hari lebaran, tubuh dan jiwa kita betul-betul kembali ke-0.
Yang perlu diketahui adalah bahwa dengan berpuasa cara FC, sel-sel tubuh kita betul-betul akan diperbaharui. Tubuh kita akan “dicuci”. Mungkin ini yang di dalam Al-Qur’an disebut sebagai “kembali fitri atau lahir kembali”. Tapi tentu saja agar proses pencucian dan detoksifikasi itu benar-bernar terjadi secara efektif, semua zat “toxin” atau racun, yang banyak terdapat dalam zat-zat tambahan makanan, betul-betul harus dihindari.

Prinsip FC yang penting untuk diikuti pada bulan puasa adalah:

1. Lupakan santan dan gula (artinya kolak, es buah, dll). Pokoknya jangan ada gula dalam makanan dan minuman pembuka puasa kita. Buka puasa hanya air putih dan buah-buahan. Korma juga baik, karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat lengkap.

2. Jangan sedia gorengan (pisang goreng,ubi goreng, tahu goreng). Yang kita beli di tukang jualan pinggir jalan itu, minyak yang dipakai untuk menggoreng sudah digunakan berkali-kali. Dan belakangan disinyalir mengandung plastik juga. Ini jadi racun no. 1 di dalam tubuh. Selain itu, minyak goreng termasuk makanan yg sulit dicerna tubuh, sehingga menghambat proses detoksifikasi selama puasa. Pokoknya dihindari deh selama puasa.

3. SAHUR: mulailah dengan air putih hangat yang diberi perasan jeruk nipis, lalu sepiring kecil potongan buah. Tunggu 15 – 30 menit, TERUS MINUM AIR PUTIH SEGELAS, baru kemudian makan DENGAN PROSI KECIL, dengan menu dominan protein hewan (lauk hewan, sayur, tahu-tempe, TANPA NASI). Sayurnya yang banyak ya, kalau perlu lebih banyak dari lauknya. Bisa dibikin 2 macam. Satu sayur bening atau sup, dan satu lagi tumisan. 

4. BUKA PUASA: mulailah dengan segelas air putih, lalu segelas jus buah, terus makan kurma (5-7 butir saja, jangan banyak2). Waktu tunggu 15 – 30 menit bisa diisi dengan shalat magrib. Setelah itu makanlah DALAM PORSI KECIL menu dominan karbohidrat (nasi atau kentang atau singkong, sayur yang banyak dan tahu atau tempe, TANPA PROTEIN HEWAN).

5. SEBELUM TIDUR atau PULANG TARAWIH: segelas jus sayuran (jus wortel, jus tomat, atau jus timun, atau modifikasinya.)

Dianjurkan makan menu protein pada waktu sahur, sebab disesuaikan dengan siklus mekanisme tubuh (pencernaan, penggantian sel dan pembuangan). Karena karbohidrat lebih mudah dicerna daripada protein hewan, makanya pada malam hari kita tidak dianjurkan makan lauk hewan. 

Selain itu, anjuran untuk makan dalam PORSI KECIL ini penting, sebab pada siang hari, tubuh kita sedang ditugaskan untuk membersihkan tubuh dari racun. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan diberati dengan makanan yang banyak, sebab akibatnya seluruh energi yang ada di tubuh kita akan terpakai untuk mengolah makanan yang banyak itu. Tidak ada lagi energi tersisa untuk detoksifikasi.

Percayalah, dengan makan dalam porsi kecil, justru di siang hari saat berpuasa kita akan tetap segar dan berenergi, tidak terasa lapar, pusing, atau ngantuk. Kita bisa tetap beraktifitas dengan lancar.

Jadwal Puasa 2013

Selamat menjalankan puasa ya. Mohon maaf lahir batin.. 


JOSEPH AR@JULI2013

Tinggalkan komentar