Tips Cara Menghemat Kuota Internet dan Mengurangi Biaya Internet

Tips Cara Menghemat Kuota Internet diawali karena akhir-akhir ini saya selalu mendengar keluhan dari teman-teman bloggers mengenai internet mereka yang jika mendekati akhir bulan atau akhir masa aktif menurut perhitungan tagihan internet kita (setiap provider tidak sama masa aktifnya) akan menjadi perlahan/lelet. Saya sendiripun dulu menghadapi masalah yang sama. Selain dari masalah teknis provider ini ada sedikit tips yang di berikan oleh MAXIS bagaimana caranya untuk kita menghemat penggunaan internet kita agar tidak mubazir dan di gunakan dengan cara yang bijak.

Tips Cara Menghemat Kuota Internet

Setiap orang memilih paket internet yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.Tergantung pada jumlah MB yang di tawarkan oleh provider internet kita. Biasanya jika semakin besar GB @ MB yang kita beli pasti lebih mahal harganya. Sebagai contoh saya menggunakan paket 8 GB artinya maksimal sebulan yang saya dapatkan sejumlah itu saja,jika lebih yang saya gunakan maka kecepatan akan menjadi melambat atau saya harus menambah paket lagi(top up) MBnya.

AUDIO dan VIDEO adalah penyumbang terbesar penggunaan MB saya walaupun kadang kala bukan secara rela menggunakannya apabila saya "blogwalking" ke blog teman-teman yang ada menggunakan "auto play" video,mp3 atau radio online.


Kadang agak susah untuk mengetahui kecenderungan pemakaian internet kita dan bagaimana kuota kita begitu cepat habis, terutama jika kita mempunyai aplikasi yang jalan di komputer kita tanpa kita sadari. Panduan ini akan membantu kita untuk mengerti dan mengoptimalkan pemakaian internet bulanan kita dengan lebih baik.

Apa yang harus kita ketahui mengenai kuota ?

Kuota pemakaian anda menggambarkan berapa banyak jumlah data yang dapat kita download dan upload setiap bulannya. Biasanya pemakaian kuota di ukur berdasarkan byte.

Apa yang menyebabkan pemborosan pemakaian?

• Streaming video dan audio
Menonton video atau mendengarkan musik secara online dapat meningkatkan pemakaian kuota kita. Video memerlukan kuota lebih banyak daripada audio, tapi kadang-kadang beberapa orang mendengarkan stasiun radio sepanjang hari, ini yang menghabiskan kuota. Yang jelas, situs penyedia video bermuatan file multimedia yang berat, yang menghabiskan banyak kuota.

• Mendownload file besar dari sebuah situs
File dalam sebuah situs bervariasi ukurannya, ada kecil dan juga besar yang mencapai 100MB/file atau bisa lebih. Mengurangi download atau hanya mendownload file yang telah di padatkan dapat menghemat penggunaan kuota. Misalnya download Smadav terbaru sebagai antivirus terbaik buatan lokal yang bisa dipergunakan untuk keamanan komputer yang kita gunakan.

• Membagikan File
Membagikan data atau file kepada teman atau upload ke jejaring sosial juga berperan besar dalam menghabiskan kuota internet kita, jadi tidak hanya saat mendownload saja tetapi juga saat upload.

Tips untuk mengurangi pemakaian kuota internet

• Putuskan sambungan internet
Ini adalah cara yang paling sederhana dan efektif untuk berhemat. Jika TIDAK digunakan, putuskan sambungan internet kita.

• Keluar dari aplikasi atau laman secara benar
Banyak sekali aplikasi yang tidak terputus saat kita menutup jendela aplikasi tersebut, seperti : Facebook, Yahoo Messenger, dll. Mereka tetap jalan di background. Salah satu cara untuk mengetahui apakah aplikasi itu masih jalan atau tidak adalah dengan melihat sudut kanan bawah komputer kita (jam) untuk melihat apakah ikon aplikasi itu masih menyala atau tidak. Biasanya untuk keluar dari aplikasi tersebut secara sempurna, klik kanan mouse di icon aplikasi tersebut dan pilih Exit/Keluar.

• Padatkan File besar
Email dengan foto atau file lainnya yang kita sertakan biasanya memakan tempat. Untuk itu, sebelum mengirim email dengan attachment yang besar, padatkan dulu untuk mengurangi ukurannya. Cek apakah apakah sistim operasi komputer kita mempunyai kemampuan untuk memadatkan file, jika tidak, dapatkan program pemadat file seperti WinZip.

Jadi dengan menghemat kuota internet sedemikian rupa membuat efek yang besar dalam mengurangi biaya internet yang dikeluarkan, apalagi bila pembelian paket berdasarkan kuota tentunya dengan cara bijak ini akan dapat menghemat pengeluaran untuk biaya internetan.

(Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan selamat berhemat...terus blogging guys...hehehe)

Joseph AR @April 2013 edit @Maret 2014 By Yoga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menghemat Kuota Internet dan Mengurangi Biaya Internet"

Poskan Komentar