Pentingnya Tawa Dalam Hidup Kita

Pentingnya Tawa Dalam Hidup Kita

Di artikel ini kita akan membahas tentang menghilangkan stres lewat tertawa secara lebih detail. Tertawa menawarkan sejumlah efek organik positif pada tubuh manusia. Memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecanduan dan membuat orang lebih tahan terhadap rasa sakit. Mengurangi tekanan, stres dan meningkatkan fleksibilitas otot.

Tertawa telah digunakan sebagai metode penyembuhan untuk membantu dalam pemulihan yang cepat bagi pasien. 15 menit tertawa setiap hari, juga dapat sangat membantu jantung dan pembuluh darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak prasekolah tertawa sampai 400 kali sehari. Sayangnya, ketika orang mencapai usia dewasa, frekuensi tawa menurun drastis menjadi 17 kali rata-rata setiap hari.

Manfaat tawa bagi kesehatan fisik kita:
  • Humor dan tawa dapat secara signifikan mengurangi stres dan kecemasan.
  • Tertawa menurunkan hormon stres seperti adrenalin darah, kortison, epinefrin dan dopamin.
  • Meningkatkan produksi hormon kesehatan seperti endorfin dan neurotransmiter.
  • Membantu dalam produksi antibodi yang membantu tubuh terlindungi dari infeksi
  • Kekuatan T-limfosit yang merupakan pilar utama dari sistem kekebalan tubuh yang kuat
  • Latihan diafragma, perut dan otot tubuh lainnya membantu jantung dan sistem vaskular.

Selain itu Pentingnya Tawa Dalam Hidup Kita :

Tertawa baik bagi jantung

Tertawa meningkatkan fungsi endotelium pembuluh darah. Endotelium adalah struktur sel yang menutupi lumen pembuluh darah dan bersinggungan langsung dengan sirkulasi darah. Endotelium memainkan peran penting dalam asal-usul aterosklerosis. Pada dasarnya adalah pada tingkat endotel tertentu, aterosklerosis yang dikembangkan mengarah pada pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Peneliti dari University of Maryland melakukan tes tentang fungsi endotel arteri dalam kelompok relawan dengan usia rata-rata 33 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika relawan menonton film-film yang membuat mereka tertawa, fungsi endotel secara signifikan lebih baik atau meningkat. Ini berarti aliran darah yang lebih baik di arteri.

Peningkatan yang diamati dalam fungsi endotelium setelah tawa itu mirip dengan yang diamati setelah latihan fisik. Untuk alasan ini, peneliti percaya bahwa tertawa memiliki efek menguntungkan yang sama pada jantung dan pembuluh darah seperti olahraga.

Efek menguntungkan pada kesehatan mental

Menciptakan harapan
Efek psikologis dan relaksasi fisik yang dihasilkan oleh tawa telah diketahui manfaatnya bagi semua. Hal ini dapat menghindarkan  Anda dari hal-hal yang menyebabkan kemarahan, rasa bersalah, stres dan emosi negatif lainnya. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melihat situasi sulit dengan perspektif baru, lebih seperti sebuah tantangan daripada ancaman.

Menciptakan hubungan yang lebih baik
Pada tingkatan sosial, tawa dan humor, menciptakan ikatan dan hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Karena tertawa itu menular, jika kita lebih banyak tertawa, ini berarti akan membantu orang lain di lingkungan kita tertawa lebih, yang akan memiliki dampak positif pada berbagai tingkatan.

Meningkatkan mood
Dengan meningkatkan suasana hati orang di sekitar kita, tawa dan humor tidak hanya mengurangi tingkat stres mereka sendiri tetapi juga kita. Dengan cara ini kualitas hubungan kita ditingkatkan dengan manfaat untuk semua orang.

Menciptakan kondisi kerja yang lebih baik
Humor, senyum dan tawa dapat memfasilitasi komunikasi antara karyawan dan manajer. Tertawa dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih ramah dan berefek bagus bagi pelaksanaan tugas yang dapat dilakukan secara lebih efektif.

Tertawa di tempat kerja salah satu bentuk menghadapi stres dan meningkatkan relaksasi karyawan. Mood dan relaksasi  yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Harus ditekankan bahwa bagaimanapun lelucon dan bentuk lain dari humor seharusnya tidak pernah menyinggung siapapun.

Jadi kita melihat bahwa tawa memiliki banyak efek menguntungkan pada kesehatan mental dan fisik, frekuensi tawa menurun drastis di usia dewasa dibandingkan dengan masa kanak-kanak. Apa yang dapat kita lakukan tentang hal itu?

Ada beberapa cara yang membantu kita untuk tertawa lebih:
Menonton komedi yang baik dengan teman-teman: Di bioskop, televisi, teater. Pemilihan komedi yang baik dapat membuat kita lebih sering tertawa dalam hidup kita. Tertawa itu menular sehingga menonton komedi yang baik dengan teman-teman, lebih menyenangkan dan menciptakan kenangan indah.

Pendekatan kehidupan dari sudut yang berbeda: Cara kita menangani masalah sehari-hari dan perubahan hidup, dapat menjadi sangat penting dalam kesehatan psikologis dan fisik. Daripada mengeluh, lebih baik sebisa mungkin untuk melihat masalah dengan sudut yang lain, dengan lensa lain dan mencoba untuk melihat sisi lucu dari setiap hal.

Cobalah untuk tertawa bahkan ketika tidak ada alasan yang nyata: Penelitian telah menunjukkan bahwa  upaya untuk tertawa sendiri menciptakan hasil yang positif. Memang ada spesialis yang menyarankan orang untuk mencoba senyum palsu atau tertawa palsu karena hal ini dapat menyebabkan tawa nyata, dengan manfaat penting bagi kesehatan mereka.

Akhirnya, saya akan mengatakan bahwa tertawa adalah senjata alami yang Penting, Panas, Perlu dan Seruu untuk dilakukan, tanpa efek samping, alam yang memberi kita untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Kita tidak boleh lupa bahwa 15 menit tertawa sehari membantu menjaga jantung dan tubuh dalam kesehatan yang baik.

Joseph AR@May2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Tawa Dalam Hidup Kita"

Poskan Komentar