Kelebihan dan Kekurangan Bolt 4G Harga Modem Wifi Router Bolt 4G LTE

Bolt 4G LTE adalah modem sekaligus provider jaringan internet koneksi broadband yang berdasarkan situs resminya mampu memberikan kecepatan 10 kali lebih cepat dari provider biasa yang digunakan orang pada umumnya. Apakah benar demikian keunggulan dari Bolt ? ataukah ada kelemahan dari bolt!, untuk itu simak terus apa saja kelebihan dan kekurangan Bolt 4G LTE ini.

Bolt 4G LTE

Kelebihan Bolt yang diklaim menggunakan layanan internet super cepat dengan penggunaan teknologi berbasis LTE, arti LTE adalah Long Term Evolution yang merupakan standar aturan komunikasi nirkabel berbasis GSM. Penggunaan teknologi berbasis LTE lebih dikenal dengan sebutan 4G yang menawarkan kecepatan internet diatas HSDPA.

Secara spesifikasi teknologi LTE memiliki kemampuan untuk kecepatan download mencapai 300 Mbps dan untuk updload 75 Mbps. Internux sebagai penyedia layanan Bolt telah bekerjasama dengan First Media dalam menyediakan jaringan internet 4G yang untuk saat ini baru mencangkup wilayah Jakarta dan sekitarnya termasuk Bogor. Bolt menawarkan kecepatan untuk download mencapai 72Mbps yang berarti mampu menawarkan kecepatan 10x lebih cepat dari provider broadband standar yang lainnya.

Bolt Mobile Wifi ZTE MF90

Penasaran dengan Bolt yang sudah menggunakan layanan 4G maka akhirnya membeli di Gramedia Depok dengan harga Bolt Rp 299.000 untuk Bolt Mobile Wifi ZTE MF90, dan sekarang telah mencoba menggunakan 1 bulan lebih. Dalam paket bolt mobile wifi didalam kemasan terdapat Modem, Sim Card, Buku Manual Panduan penggunaan Bolt, Kabel USB untuk charger dan menghubungkan ke PC/Laptop dan Kartu Garansi.

Sebenarnya produk modem Bolt ada 3 namun sewaktu membeli hanya tersedia 2 karena yang satu baru akan dirilis, tapi untuk saat ini sudah tersedia ketiga Bolt tersebut.

Harga Paket Perangkat Modem Wifi Router Bolt 4G LTE
  • Harga Bolt USB Modem ZTE MF825A : Rp 199.000
  • Harga Bolt Mobile Wifi ZTE MF90 : Rp 299.000
  • Harga Bolt Home Router Huawei E5172 : Rp 1.199.000

Dari hasil menggunakan Bolt Mobile Wifi di rumah daerah Depok dan terkadang dibawa kebeberapa tempat di Jakarta termasuk ke kantor untuk pengetesan, didapatkan berbagai macam kelebihan dan kekurangan Bolt 4G.

Awal saat membuka kemasan paket Bolt Mobile Wifi kelengkapan ada semua dan melihat bentuk modem yang didesain simple dan menarik dengan warna putih bertuliskan Bolt ditengahnya yang juga enak digenggam seperti handphone. Lalu mencoba untuk memasang baterai dan sim card. Untuk melakukan ini bisa melihat di buku manual panduan yang disertakan dalam paket Bolt. Mencoba untuk USB charger dan langsung menyala warna Hijau sebelah kiri, lalu mencoba langsung koneksi ternyata tidak bisa dan ternyata untuk penggunaan pertama kalinya diharuskan untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu agar bisa terhubung kejaringan Bolt.

Aktivasi Bolt : http://www.boltsuper4g.com/aktivasi.html

Permasalah diawal dirasakan saat proses aktivasi karena harus memiliki koneksi internet yang lain karena modem bolt belum bisa digunakan, jadi saat proses aktivasi indomultimedia gunakan koneksi internet yang lain saat itu menggunakan koneksi Biznet. Saat aktivasi tidak memakan waktu lama dan dilanjutkan pembuatan id dan password untuk memiliki akun di situs official boltsuper4g.com, yang dari situs tersebut diperlukan data-data personal yang kita miliki dan sediakan email untuk mengaktifkan akun tersebut.

Untuk pertama kalinya setelah proses aktivasi, langsung mencoba menyalakan dan menggunakan modem Bolt Wifi pada komputer Windows 7 dan dilanjutkan testing menggunakan Apple Macbook. Untuk pengguna PC secara otomatis akan install dirver modem Bolt dan prosesnya sangat cepat lalu langsung diarahkan ke browser dengan ip 192.168.1.1 yang disana untuk seting awal bolt modem tersebut, silahkan mengikuti buku panduan yang disediakan yang secara simple tanpa disetingpun sudah bisa digunakan namun bila ingin merubah nama SSID untuk wifi maka dari situlah dan merubah password koneksi Wifi juga dari situ tempatnya.

8GB sudah dalam paket pembelian diawal sebagai bonus Bolt 4G LTE, tanpa basi basi langsung mencoba. Untuk menyalakan Bolt ada tombol bulat yang bila ditekan akan langsung menyala sebelah kiri pada layar kecil horisontal dan terkadang perlu menekan beberapa kali untuk mendapatkan sinyal sebelah kanan yang bila berwarna biru maka jaringan terkoneksi dengan Bolt dan bila merah maka tidak terkoneksi.

Langsung digunakan untuk browsing hasilnya cukup cepat seperti menggunakan layanan internet menggunakan jalur kabel, baik untuk browsing berbagai situs web lokal dan luar negeri. Mencoba untuk streaming video di youtube film terbaru dan video musik juga cukup baik tanpa jeda walaupun setelah mencoba berbagai video ada satu dua yang kadang ngadat tapi hanya hitungan detik saja.

Mencoba pertama menggunakan Bolt di rumah daerah Jl Raden Saleh Depok dan terkoneksi dengan baik namun sering juga tidak mendapatkan jaringan dengan tanda pada layar berwarna merah "pojok kanan". Untuk mengakalinya mesti di matikan dan dihidupkan kembali perangkat tersebut dan langsung terkoneksi kembali.

Uji coba selanjutnya menggunakan layanan Hotspot yang tersedia pada Bolt Wifi tersebut dengan jalur Wifi maka mencoba beberapa perangkat smartphone yang dimiliki seperti smartphone hp samsung, blackberry dan juga laptop macbook yang semuanya testing dihubungkan secara bersamaan dan hasil penggunaanya juga masih cukup oke walaupun harus berbagi satu sama lain. Tetapi kendala yang sering terjadi koneksi terputus dan saat dilihat ternyata perangkat memberi tanda warna merah yang berarti tidak mendapatkan jaringan maka direstart kembali dan tersambung kembali.

Setelah beberapa jam pemakaian modem Bolt Wifi tersebut habis baterai jadi langsung dicharger sambil digunakan terus untuk kebutuhan penggunaan internet. Saat testing langsung menghubungkan modem Bolt Wifi ke PC juga dengan sigap langsung terkoneksi dan kegiatan penggunaan internet juga berjalan normal, tetapi ada kekurangan bolt saat terkoneksi ke PC adalah tidak sekaligus tercharger baterainya sehingga baterai bisa habis.

Hasil Pengujian Bolt 4G LTE berikutnya yaitu menggunakan laptop yang sudah terhubung menggunakan Wifi dan testing kecepatan menggunakan aplikasi online Speed Test, hasil pengujian menggunakan speed test jam 1 malam hari dirumah daerah depok dengan tujuan server yaitu Jakarta dan hasilnya adalah untuk kecepatan download yaitu 2.97 Mbps lalu untuk upload 0.06 Mbps dengan ping 104 ms, untuk server singapura juga hampir sama yaitu download 2.57 Mbps dan upload 0.05 Mbps. Testing dilakukan beberapa kali dengan beberapa titik menggunakan laptop dan yang paling cepat menunjukkan 7 Mbps untuk download dan 3 Mbps untuk upload. Testing dilakukan dihari berbeda dan jam berbeda hasilnyapun berbeda-beda setiap waktunya.

Percobaan secara langsung seperti saat download antivirus gratisan tanpa kendala dan berlangsung cepat sekali dan saat upload juga baik file gambar maupun file video di situs layanan streaming online. Tapi entah kenapa hasil test speed yang hanya seperti itu untuk kecepatan download dan upload Bolt 4G LTE yang seharusnya jauh diatas itu. Begitu juga saat digunakan untuk download berbagai aplikasi android pada smartphone samsung galaxy android yang digunakan tanpa kendala dan kecepatannya juga oke bila dibandingkan internet bawaan kartu pada handphone.

Penasaran maka mencoba dikantor di gedung lantai 41 Jl MH Thamrin Jakarta, dan ternyata untuk mendapatkan sinyal jaringan Bolt sangat sulit sekali dan hanya terkoneksi hitungan menit lalu diskonek kembali, dan dilakukan berulang-ulang tapi hasilnya sama saja. Lalu mencoba untuk membawa kelantai bawah dan cukup mudah untuk terhubung ke jaringan internet Bolt, lalu mencoba penggunaan dan tidak ada masalah cukup lancar untuk berbagai aktivitas menggunakan internet.

Setelah satu bulan penggunaan Bolt maka sudah tentu layanan paket gratis 8GB habis, untuk isi ulang ini menggunakan ATM BCA. Alasan menggunakan ATM BCA karena mencoba isi ulang pulsa Bolt  4G melalui internet banking BCA tapi sulit sekali langkah-langkahnya yang berakhir pada kegagalan. Lalu mencoba menggunakan ATM Mandiri juga sama gagal pada prosesnya karena bingung step by stepnya. Tapi saat menggunakan ATM BCA lancar dan langkahnya cukup mudah yang nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Setelah isi pulsa Bolt via atm BCA selanjutnya adalah mendaftarkan untuk penggunaan layanan paket internet, dan tentunya diperlukan jaringan internet yang lain karena bolt mati karena belum ada paket internetnya. Inilah kekurangan bolt 4G yang lainnya dari beberapa yang telah disebutkan sebelumnya.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Bolt 4G LTE

Tidak bisa dipungkiri kehadiran Bolt 4G LTE mendapapatkan sambutan hangat oleh para pengguna internet di Indonesia, dengan kelebihan Bolt 4G yang cukup banyak baik dari segi kecepatan internet yang ditawarkan mampu mencapai kecepatan lebih tinggi dari kecepatan provider biasa pada umumnya dan juga dari teknologi yang sudah paling terkini disertai harga dari perangkat modem wifi dan router Bolt yang murah dengan teknologi 4G LTE.

Namun sayang kekurangan Bolt 4G LTE juga cukup banyak, dari kecepatan yang tidak stabil dan cangkupan wilayah yang baru beberapa kota saja yaitu Jakarta sekitarnya dan Bogor. Lalu untuk beberapa hal kekurangan lain yang telah dijelaskan dari uji coba penggunaan langsung.

Hasil uji coba Bolt 4G LTE ini dilakukan secara personal, kemungkinan uji coba yang dilakukan orang lain berbeda-beda. Dari hasil pemakaian yang sudah hampir 2 bulan, menggunakan perangkat Bolt memang tidak bisa dipungkiri lebih baik dari modem atau wifi jenis lainnya yang telah ada selama ini disertai Harga Paket Bolt 4G LTE yang terjangkau dan murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Bolt 4G Harga Modem Wifi Router Bolt 4G LTE"

Posting Komentar