Gangguan Kesehatan Saluran Cerna yang Sering Dialami Anak-Anak

Sistem pencernaan anak yang belum optimal seringkali menjadi penyebab mengapa banyak anak yang mengalami gangguan atau masalah saluran cerna. Asupan nutrisi yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna bisa menjadi nutrisi yang harus dipenuhi untuk sang buah hati.

Gangguan Kesehatan Saluran Cerna Anak

Banyak jenis gangguan masalah cerna yang kita ketahui, namun ada beberapa gangguan saluran cerna yang seringkali dialami oleh anak-anak dan kita patut mewaspadainya. Berikut ini adalah gangguan saluran pencernaannya:

1. Diare

Diare menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak. Penyebabnya adalah virus bernama Rotavirus. Gejala yang timbul hampir sama dengan diare yang dialami oleh orang dewasa. Biasanya, anak anak mulas dan terus buang air besar hingga menyebabkan anak mengalami dehidrasi. Anda harus segera mengatasinya dengan tepat.

2. Sembelit

Sembelit juga sering disebut sebagai konstipasi, yaitu ganggun pencernaan dimana feses mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini biasanya disebabkan karena anak sering mengonsumsi makanan bertekstur sedikit keras, seperti sereal. Disarankan pula bagi para orang tua tidak memberikan susu secara berlebihan untuk menghindari sembelit.

Pemberian ASI sangatlah dianjurkan sebagai pencegahan terjadinya sembelit. Selain itu, pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia juga perlu diperhatikan oleh sang ibu karena juga memengaruhi produksi ASI.

3. Perut kembung

Perut kembung sudah biasa dialami oleh anak-anak, terlebih ketika mereka terlalu banyak menelan udara ketika makan, makanan tidak terkunyah dengan baik ataupun anak yang mengunyah makanan dengan cepat. Memberikan air putih pada anak bisa menjadi cara mengatasi dengan tepat agar anak tidak rewel karena perut yang tidak nyaman.

4. Alergi makanan

Alergi merupakan respon tidak normal yang bisa terjadi karena makanan tertentu. Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda. Ada anak yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, seperti udang. Reaksi alergi ini pun cukup beragam, mulai dari kulit yang memerah, batuk, sesak nafas, muntah dan lain sebagainya.

Masalah pencernaan memang membuat anak merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna memang baik untuk dilakukan secara rutin agar kesehatan anak terjaga dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Kesehatan Saluran Cerna yang Sering Dialami Anak-Anak"

Posting Komentar