Resep Menu Sahur dan Buka Puasa Sehat Praktis Cepat Saji

Memilih Menu Sahur yang sehat dengan rasa enak dan mengenyangkan serta memberikan supply gizi untuk tubuh agar tetap bugar sepanjang hari saat berpuasa harus cermat dalam memilih menunya. Menu Sahur pada dasarnya adalah makanan sebagai pengganti sarapan, lebih dari itu karena di siang hari tubuh tidak menerima asupan makanan maupun minuman lagi maka perlunya dalam menu sahur memiliki cakupan nutrisi dan juga cairan yang diperlukan oleh tubuh.

Saat sahur utamakan minum air yang cukup, vitamin dan elektrolit yang bisa didapatkan dari air putih dan buah-buahan. Untuk menu utama sahur bisa memilih kandungan karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah, ubi, bubur kacang hijau dimana untuk makanan jenis ini dapat bertahan lebih lama dan gula dalam darah lebih stabil. Jangan lupa untuk konsumsi sayur sayuran yang merupakan serat bagi tubuh dan juga manfaat lainnya.

Untuk Menu Buka Puasa memang lebih mudah saja karena bisa diawali dengan minum segelas air putih atau minum yang manis lebih diutamakan untuk mengganti energi tubuh yang hilang, baru bisa disambung dengan makanan sehat lainnya yang terpenting hindari gorengan dan sambal pedas (kecuali terpaksa) karena kurang begitu baik (Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%) dapat membuat ngantuk yang berlebihan.

Menu Sahur Sehat dan Menu Buka Puasa Sehat Praktis

Menu Sahur dan Menu Buka Puasa Sehat yang lengkap dan komplit untuk tubuh harusnya memiliki sumber karbohidrat (nasi, kentang, mie) dengan tambahan protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan) dilengkapi sayuran dan buah-buahan yang masih segar, menyempurnakan tentunya dengan minum susu kedelai atau susu segar.

Puasa diawali dengan Niat Puasa dilanjutkan dengan menjalankan dengan bersungguh-sungguh agar dapat optimal dan dapat mengisi waktu dengan terbaik, agar saat berpuasa tubuh tetap dalam kondisi prima dan sehat maka perlu diperhatikan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh, hal ini karena kebanyakan masalah kesehatan pada tubuh manusia timbul karena faktor dari makanan yang tidak tepat selain kurang tidur istirahat dan pikiran.

Buah terbaik untuk di nikmati selama puasa adalah Pisang karena nilai gizi yang tinggi yaitu karbohidrat, magnesium dan potassium. Lalu buah Kurma yang memiliki kandungan gula, serat, kalium, karbohidrat dan magnesium yang dapat mengembalikan energi tubuh selama berpuasa seharian.

Mengutip dari media online wolipop detik santapan sahur sehat adalah makanan yang memiliki tingkatan energi yang dibutuhkan tubuh dan menjaga tubuh selama berpuasa dari pagi sampai sore hari. Makanan Menu Sehat yang memiliki vitamin dan mineral yang baik yaitu Oatmeal, Pisang, Kacang-kacangan, Sayuran Hijau, Daging tanpa lemak, Ikan dan Telur yang akan memberikan energi mineral dan vitamin dan juga penting untuk pertumbuhan juga perkembangan serta membangun otot-otot pada tubuh.


Tidak bisa dipungkiri terkadang saat sahur waktu sudah mepet dengan jadwal imsakiyah sehingga terburu-buru untuk memasak dan menu apa yang praktis dan siap saji tapi memiliki kandungan nutrisi sehat yang diperlukan oleh tubuh. Resep Menu ini juga bisa digunakan untuk menu berbuka puasa yang tentunya penyajiannya cukup mudah dan praktis juga cepat saji yang hampir semua bisa menyajikan karena mudah dalam membuatnya.
  1. Nasi, telur dadar dan abon ditambah segelas susu skim
  2. Mi rebus plus telur ditambah sayuran dan tauge
  3. Nasi, rendang dan kerupuk minum teh hangat
  4. Mi goreng instan plus telur dan sayuran
  5. Nasi goreng plus telur dilengkapi irisan tomat dan mentimun dan Teh hangat
  6. Roti Tawar, selai dan keju dengan segelas susu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Menu Sahur dan Buka Puasa Sehat Praktis Cepat Saji"

Poskan Komentar