Penyakit Lupus Gejala Ciri-ciri Penyebab dan Pengobatan Lupus

Penyakit Lupus adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan sehat dan normal. Hal ini mengakibatkan gejala seperti peradangan, bengkak, dan kerusakan pada sendi, kulit, ginjal, darah, jantung, dan paru-paru.
Dalam fungsi normal, sistem kekebalan tubuh membuat protein yang disebut antibodi untuk melindungi dan melawan antigen seperti virus dan bakteri. Penyakit Lupus membuat sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan antara antigen dan jaringan sehat. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh membawa antibodi langsung menyerang jaringan sehat – bukan hanya antigen – menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kerusakan jaringan.
(*Antigen adalah zat yang mampu merangsang respon imun spesifik)
Penyakit Lupus Gejala Penyebab Ciri-ciri dan Pengobatan Lupus

Ciri-cirinya penyakit lupus ini biasanya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi.

Apa saja jenis-jenis penyakit lupus ?
Beberapa jenis lupus telah diidentifikasi, namun jenis yang lebih dikenal adalah systemic lupus erythematosus atau SLE. Jenis lainnya ada diskoid (menyerang kulit), drug-induced (akibat obat-obatan), dan neonatal.
Pasien dengan lupus diskoid memiliki versi penyakit yang terbatas pada kulit. Hal ini ditandai dengan ruam yang muncul pada wajah, leher, dan kulit kepala, dan tidak mempengaruhi organ internal. Kurang dari 10% dari pasien lupus diskoid yang mengalami perubahan ke dalam bentuk lupus sistemik, tetapi tidak ada cara untuk memprediksi atau mencegah jalan penyakit.
SLE lebih parah dari lupus diskoid karena dapat mempengaruhi organ tubuh atau sistem organ. Beberapa orang mungkin hanya memperlihatkan peradangan atau masalah lain di kulit saja dan sendi, sementara penderita SLE lainnya akan tampak pada sendi, paru-paru, ginjal, darah, dan / atau jantung yang terkena. Jenis lupus ini juga sering ditandai dengan periode suar (ketika penyakit ini aktif) dan periode remisi (ketika penyakit ini tidak aktif).
Type Drug-Induced (Lupus yang disebabkan efek samping dari obat ) disebabkan oleh reaksi dengan obat resep tertentu dan gejala penyebab sangat mirip dengan SLE​​. Obat yang paling sering dikaitkan dengan bentuk lupus ini adalah obat hipertensi yang disebut hydralazine dan aritmia obat jantung yang disebut procainamide, tetapi ada sekitar 400 obat lain yang juga dapat menyebabkan kondisi Lupus ini. Penyakit ini akan mereda setelah pasien berhenti minum obat pemicu.
Sebuah kondisi yang langka, lupus neonatal terjadi ketika seorang ibu melewati autoantibodies untuk janin. Janin dan bayi baru lahir dapat memiliki ruam kulit dan komplikasi lain dengan jantung dan darah. Biasanya ruam muncul tapi akhirnya memudar dalam enam bulan pertama kehidupan anak.
Siapa yang bisa terkena penyakit lupus ?
Menurut Lupus Foundation of America (LFA), 1,5 hingga 2 juta orang Amerika memiliki beberapa bentuk gejala lupus. Tingkat prevalensi (pencapaian) adalah sekitar 40 kasus per 100.000 orang di antara Eropa Utara dan 200 per 100.000 orang antara orang kulit hitam. Meskipun penyakit ini mempengaruhi baik pria maupun wanita, wanita didiagnosis 9 kali lebih sering daripada pria, biasanya antara usia 15 dan 45. Perempuan Afrika-Amerika menderita gejala yang lebih parah dan tingkat kematian yang lebih tinggi.
Faktor yang menaikkan risiko penyakit lupus antara lain termasuk paparan sinar matahari, obat resep tertentu, infeksi virus Epstein-Barr, dan paparan bahan kimia tertentu.
Penyebab Penyakit Lupus
Walaupun dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan lupus dan penyakit autoimun lainnya, sebagian besar percaya bahwa lupus adalah hasil dari kedua rangsangan genetik dan lingkungan.
Karena lupus diketahui terjadi dalam keluarga, dokter percaya bahwa adalah mungkin untuk mewarisi kecenderungan genetik untuk lupus. Tidak ada gen yang dikenal yang secara langsung menyebabkan penyakit tersebut. Besar kemungkinan bahwa memiliki kecenderungan untuk mewarisi lupus terjadi karena kontak dengan beberapa pemicu lingkungan.
Jumlah yang lebih tinggi dari kasus lupus pada perempuan dibandingkan pada laki-laki mungkin menunjukkan bahwa penyakit ini bisa dipicu oleh hormon tertentu. Dokter percaya bahwa hormon seperti estrogen mengatur perkembangan penyakit karena gejala cenderung tampak sebelum periode menstruasi dan / atau selama kehamilan.
Faktor lingkungan tertentu telah diketahui menjadi penyebab penyakit lupus. Ini termasuk :
  • Stress yang ekstrem
  • Paparan sinar ultraviolet, biasanya dari sinar matahari
  • Merokok
  • Beberapa obat-obatan dan antibiotik, khususnya mereka yang berada di kelompok sulfa dan penisilin
  • Beberapa infeksi, seperti cytomegalovirus (CMV), parvovirus, infeksi hepatitis C, dan virus Epstein-Barr (pada anak)
  • Kimia dengan paparan senyawa seperti trichloroethylene dalam air sumur dan debu.
Gejala Penyakit Lupus
Karena tidak ada dua kasus lupus yang persis sama, ada berbagai gejala yang diketahui mempengaruhi banyak bagian tubuh. Kadang-kadang gejala berkembang secara perlahan atau tiba-tiba muncul, bisa ringan, berat, sementara, atau permanen. Kebanyakan orang dengan lupus mengalami gejala hanya dalam beberapa organ, tetapi kasus yang lebih serius dapat menyebabkan masalah kesehatan tubuh dengan ginjal, jantung, paru-paru, darah, atau sistem saraf.
Episode Lupus, atau kambuhnya penyakit, biasanya dicatat oleh memburuknya beberapa gejala penyakit lupus diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pegal sendi (arthralgia), arthritis, dan bengkak sendi, terutama di pergelangan tangan, sendi kecil tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki
  2. Pembengkakan tangan dan kaki akibat masalah ginjal
  3. Demam lebih dari 38 derajat C
  4. Kelelahan berkepanjangan atau ekstrem
  5. Ruam kulit, terutama pada lengan, tangan, wajah, leher, atau punggung
  6. Ruam berbentuk kupu-kupu (rash malar) di pipi dan hidung
  7. Anemia (kekurangan oksigen yang membawa sel darah merah)
  8. Nyeri di dada pada pernapasan atau sesak napas
  9. Matahari atau sensitivitas cahaya (fotosensitif)
  10. Rambut rontok atau alopecia
  11. Masalah pembekuan darah yang abnormal
  12. Fenomena Raynaud: jari menjadi putih dan / atau biru atau merah dalam dingin
  13. Kejang
  14. Mulut atau hidung tumbuh bisul
  15. Berat badan bertambah atau berkurang
  16. Mata kering
  17. Mudah memar
  18. Suka cemas, depresi, sakit kepala, dan kehilangan memori
Akibat Penyakit Lupus

Penyakit Lupus dan Gangguan Organ Tubuh Akibatnya

Lupus juga dapat menyebabkan komplikasi di beberapa area tubuh. Termasuk diantaranya adalah :

  1. Ginjal – kerusakan ginjal serius adalah penyebab utama kematian bagi penderita lupus.
  2. Sistem saraf pusat – lupus dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, masalah memori, kejang, dan perubahan perilaku.
  3. Darah dan pembuluh – lupus menyebabkan peningkatan risiko anemia, perdarahan, pembekuan darah, dan peradangan pembuluh
  4. Paru-paru – pneumonia menular dan kesulitan bernapas karena peradangan rongga dada lebih cenderung dengan lupus
  5. Hati – otot jantung dan peradangan arteri lebih cenderung dengan penyakit ini, dan lupus meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan serangan jantung.
  6. Infeksi – pengobatan lupus cenderung menekan sistem kekebalan tubuh membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap infeksi.
  7. Kanker – lupus meningkatkan risiko kanker, terutama limfoma non-Hodgkin, kanker paru-paru, dan kanker hati
  8. Kematian jaringan tulang – lebih rendah suplai darah ke jaringan tulang menyebabkan istirahat kecil dan akhirnya kematian tulang. Hal ini paling sering terjadi pada tulang pinggul.
  9. Kehamilan – lupus meningkatkan risiko keguguran, hipertensi selama kehamilan, dan kelahiran prematur.
Bagaimana penyakit lupus didiagnosis ?
Sebagai tanda dan gejala bervariasi dari orang ke orang, tidak ada tes diagnostik tunggal yang dapat mengkonfirmasi penyakit lupus. Selain itu, tanda-tanda dan gejala cenderung berubah dari waktu ke waktu dan mirip dengan gangguan dan penyakit lainnya. Fluktuasi dalam aktivitas penyakit lupus membuat sangat menantang untuk didiagnosa.
Saat ini, dokter menggunakan pedoman yang ditetapkan oleh American College of Rheumatology (ACR) untuk mendiagnosis lupus (SLE). Pedoman fokus pada sebelas kelainan yang, bila digabungkan, menunjukkan bahwa pasien memiliki lupus. Untuk dapat diklasifikasikan sebagai memiliki SLE, pasien harus memenuhi 4 dari 11 ciri-ciri gejala penyakit lupus berikut setiap saat sejak timbulnya penyakit ini:
  1. Serositis – peradangan pada membran di sekitar paru-paru (pleuritis) atau jantung (pericarditis)
  2. Ulkus mukosa – luka kecil yang ditemukan pada lapisan mulut dan hidung
  3. Arthritis – arthritis nonerosive (nyeri, pembengkakan, nyeri) dari dua atau lebih sendi perifer
  4. Fotosensitifitas – ruam kulit atau gejala lain yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet
  5. Kelainan darah – anemia hemolitik (rendahnya jumlah sel darah merah), leukopenia, dan limfopenia (rendah jumlah sel darah putih), atau trombositopenia (jumlah platelet rendah)
  6. Renal (ginjal) gangguan – hitung protein tinggi dalam urin
  7. Antinuclear antibody test positif
  8. Gangguan imunologi – positif anti-Smith, anti-ds DNA, tes antibodi antifosfolipid.
  9. Neurologis – kejang atau psikosis
  10. Malar ruam – ruam di pipi
  11. Kulit ruam – merah, bentuk bersisik pada kulit yang menyebabkan jaringan parut
Penyakit Lupus

Selain tes di atas, dokter sering akan melakukan berbagai tes darah seperti:

  1. Hitung darah lengkap (CBC) untuk mendeteksi anemia, jumlah trombosit yang rendah, dan rendahnya jumlah sel darah putih
  2. Tingkat sedimentasi eritrosit (ESR) untuk menentukan tingkat di mana sel-sel darah merah mengendap di bagian bawah dari tabung dalam satu jam. Pertumbuhan lebih cepat dari biasanya mengindikasikan lupus atau penyakit sistemik lain, kondisi peradangan, atau infeksi.
  3. Ginjal dan penilaian hati untuk mencari enzim tertentu dan albumin
  4. Urine untuk mengukur kadar protein atau sel darah merah dalam urin
  5. Tes sifilis untuk menentukan apakah antibodi anti-fosfolipid dalam darah.
Cara Mengobati Penyakit Lupus
Bagaimana penyakit lupus diobati ?
Saat ini tidak ada obat untuk lupus, juga belum pernah ada obat baru untuk mengobati penyakit ini dalam 50 tahun terakhir, meskipun ada sejumlah obat baru saat ini sedang diteliti atau dalam uji klinis. Namun indomultimedia menyakini tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati kecuali bertambahnya usia. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat secara signifikan dapat membantu mengontrol penyakit dan gejala-gejalanya.

Mengobati penyakit lupus efektif terdiri dari meminimalkan gejala, mengurangi peradangan dan nyeri, membantu menjaga fungsi normal, dan mencegah komplikasi serius.

Karena penyakit ini mempengaruhi setiap orang dengan berbeda, pengobatan biasanya disesuaikan dengan masalah-masalah khusus yang timbul pada setiap orang. Obat dan dosis juga akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan penyakit.
Ketika lupus muncul dengan gejala ringan atau sedang, obat-obatan penyakit lupus berikut ini umum digunakan dalam pengobatan :
  1. Obat anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin, naproxen sodium (Aleve), dan ibuprofen (Advil, Motrin, others). Efek samping yang umum dari NSAID termasuk perdarahan lambung dan peningkatan risiko masalah jantung.
  2. Obat antimalaria seperti Hydroxychloroquine (Plaquenil). Tidak ada hubungan antara lupus dikenal dengan malaria, tapi obat-obatan malaria telah berguna dalam mengobati gejala lupus dan mencegah kambuhnya penyakit. Efek samping termasuk masalah penglihatan dan kelemahan otot.
  3. Kortikosteroid peradangan kontra. Efek samping serius jangka panjang meliputi berat badan, mudah memar, osteoporosis, hipertensi, diabetes, dan peningkatan risiko infeksi. Risiko osteoporosis dapat dikurangi dengan mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.
Ketika penyakit lupus muncul dengan gejala parah atau agresif, perawatan berikut yang umum digunakan :
  1. Kortikosteroid dosis tinggi. Ini dapat diambil dari intravena untuk mengontrol tanda-tanda berbahaya atau gejala lupus. Namun, efek samping yang serius telah diamati seperti infeksi, perubahan suasana hati, hipertensi dan osteoporosis. Dokter cenderung untuk mengelola dosis serendah mungkin yang akan mengontrol gejala, mengurangi dosis dari waktu ke waktu.
  2. Obat imunosupresif seperti siklofosfamid (Cytoxan) dan azathioprine (Imuran). Obat ini menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu dalam kasus lupus serius. Mereka juga membawa risiko efek samping yang serius seperti peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, infertilitas dan peningkatan risiko kanker.
Perawatan umum lainnya untuk tanda-tanda dan gejala khusus penyakit lupus meliputi :
  1. Menghindar dari matahari dan memakai sun block untuk mencegah ruam kulit. Lampu neon dalam ruangan juga dapat memicu ruam kulit pada beberapa orang dengan lupus. Steroid topikal kortikoid dapat digunakan untuk mengobati ruam kulit di samping steroid oral dan obat antimalaria.
  2. Obat untuk mengobati kelelahan. Sulit tidur, depresi dan mengkontrol semua potensi penyebab kelelahan, dan dokter akan mengobati penyebab yang mendasari. Obat-obatan seperti kortikosteroid dan obat antimalaria dapat digunakan jika penyebab kelelahan tidak dapat ditentukan.
  3. NSAID, obat antimalaria atau kortikosteroid untuk mengobati pembengkakan di sekitar jantung dan paru-paru yang menyebabkan nyeri dada.
Selain obat-obatan, dokter menyarankan pasien lupus merawat diri mereka sendiri. Pasien mungkin melihat penurunan frekuensi dan tingkat keparahan untuk kambuh jika mereka membuat pilihan gaya hidup sehat seperti:
  • Olahraga teratur.
  • Mencari tahu tentang lupus.
  • Tidak merokok.
  • Makan sehat, diet seimbang.
  • Membekali diri dengan sistem dukungan dari keluarga, teman, dan kesehatan profesional.
  • Hidup dengan lupus
Meskipun tidak ada obat untuk lupus, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk pasien mengatasi penyakit lupus, diantaranya :
  1. Menghindari matahari – Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 yang dapat memblokir sinar UVA dan IVB.
  2. Diet – Makan makanan sehat yang bergizi dan seimbang dengan gula terbatas dan asupan garam. Ada beberapa bukti bahwa ikan memiliki sifat anti-inflamasi, tetapi kecambah alfalfa dapat meningkatkan peradangan.
  3. Manajemen nyeri – Terapkan panas lembab untuk nyeri sendi atau berendam di bak mandi air panas atau Jacuzzi.
  4. Latihan – low-impact berjalan, berenang, aerobik, dan bersepeda dapat membantu mencegah atrofi otot dan menurunkan risiko osteoporosis.
  5. Rehabilitasi – terapis fisik, okupasi, dapat membantu Anda untuk memperkuat otot, olahraga, stres yang lebih rendah, melakukan pekerjaan ringan yang tidak memperburuk gejala
  6. Tidak merokok. Berhenti jika Anda seorang perokok, banyak sekali bahaya merokok bagi kesehatan tubuh.
  7. Iklim – Perubahan tekanan dapat memperburuk gejala. Cobalah untuk tinggal di suatu tempat dengan sedikit perubahan iklim dan tekanan.
  8. Kelelahan – Kontrol kelelahan dengan tetap aktif dan istirahat untuk jumlah waktu yang tepat.
  9. Hubungan – Menjaga hubungan baik dengan dokter yang membantu Anda untuk mengelola lupus. Tepati janji, jujur​​, mengambil obat-obatan, dan menghormati waktu mereka.
  10. Kehamilan – sadar dan berkonsultasi dengan dokter tentang risiko yang terkait dengan kehamilan untuk Anda dan anak Anda.
  11. Fungsi kognitif – Seorang psikolog atau terapis kognitif dapat membantu jika lupus menyebabkan disfungsi kognitif atau kehilangan memori.
Dalam agama memang telah dijelaskan bahwa tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, maksudnya semua penyakit yang ada dibumi ini telah diturunkan bersama dengan obatnya, jadi bagi para penderita penyakit lupus agar tidak berkecil hati dan patah semangat. Bisa mencoba dengan beragam herbal tradisional seperti manfaat kunyit yang cukup banyak sekali bagi kesehatan dan menjaganya, madu murni asli yang dapat mengobati berbagai macam penyakit dan masih banyak lagi ramuan herbal alami yang bisa dimanfaatkan selain pengobatan modern kedokteran.

Semoga bermanfaat dan membuat kita lebih aware akan Penyakit Lupus Gejala Ciri-ciri Penyebab dan Pengobatan Lupus dan berbagai penyakit yang ada di sekitar kita, peliharalah kesehatan kita karena kesehatan itu mahal harganya….
Joseph AR@April2013 edit Yoga Ailala@Februari2014

Tinggalkan komentar